Pinjaman - FAQ

Member TakRiba.com adalah individu atau kelompok yang sudah terdaftar sebagai member di TakRiba dengan melengkapi formulir data diri pendaftaran, yang kemudian dapat mengajukan pinjaman ataupun mendanai pinjaman. Syarat menjadi Member TakRiba.com yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 17 tahun dibuktikan melalui KTP.

Pendanaan minimal di TakRiba.com cukup rendah yaitu Rp 500.000 dengan kelipatan Rp 500.000. Itu artinya, siapa saja dapat menjadi pendana. serta tidak terdapat batasan maksimal pendanaan.

Mitra (peminjam) dapat mengajukan pinjaman dengan nilai minimal sebesar Rp500.000 dan maksimal sebesar 50% dari gaji (take home pay) karyawan.

Terdaftar sebagai member TakRiba. Peminjam adalah karyawan di Perusahaan yang bekerjasama dengan TakRiba, dan perorangan yang memiliki usaha. Bagi karyawan telah bekerja di perusahaan bersangkutan minimal selama 3 (tiga) bulan. dan telah bertransaksi di TakRiba minimal 3 kali. Bagi unit usaha telah bekerjasama dengan TakRiba dan aktif bertransaksi selama satu bulan. Memiliki NIP Karyawan (khusus karyawan). Mengisi formulir pengajuan pinjaman secara online, yang tertera dalam fitur pinjaman. Melengkapi berkas atau dokumen pendukung yang diperlukan seperti, KTP: KTP + Selfie; Slip Gaji 3 bulan terakhir (khusus karyawan); Penghasilan perbulan (unit usaha); NPWP (Jika ada).

Sebagai pendana akan menerima dana pengembalian dana pinjaman sejumlah yang diberikan tanpa imbal jasa. karena Jika Mitra bersedia mengisi kotak sedekah maka dana tersebut akan di salurkan kepada dana abadi umat untuk pemberantasan rentenir.

TakRiba.com menjunjung tinggi nilai transparansi dengan menunjukkan informasi seputar pembayaran yang dilakukan Mitra serta syarat dan ketentuan pinjaman. TakRiba.com akan melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan terhadap seluruh Calon Mitra sehingga hanya pinjaman berkualitas tinggi yang akan ditawarkan kepada Pendana.

TakRiba.com menampilkan identitas dan data pribadi Mitra. Informasi tersebut dapat digunakan untuk menganalisis tingkat risiko pendanaan dari pinjaman yang ditawarkan. (update disebutkan)

Selagi TakRiba.com mengambil langkah pengukuran untuk mengurangi risiko selama proses aplikasi dan persetujuan pinjaman, skenario terburuk tetap mungkin terjadi dan perlu dipertimbangkan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan penasihat keuangan sebelum mengambil keputusan. Risiko terbesar yang mungkin terjadi dalam crowdfunding fintech adalah Pendana tidak menerima dana pengembalian dikarenakan kegagalan pembayaran.

Maka Pendana tidak akan mendapatkan pengembalian dana

investor atau donatur tidak akan dipotong pajak dalam pemberian pinjaman karena tidak termasuk objek pajak

Hubungi TakRiba